Manfaat Air Jahe bagi Kesehatan



Manfaat Air Jahe bagi Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping Tanaman jahe atau dalam bahasa latin zingiber officinale adalah termasuk salah satu dari jenis tanaman rimpang yang terkenal keberadaannya untuk bumbu masakan atau untuk obat herbal alami. Jahe sudah digunakan dalam peradaban china dan india sejak 25 abad yang lalu dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sudah diketahui sejak zaman dahulu bahwa jahe bisa dapat mengatasi dan meredakan berbagai jenis gangguan keseahtan seperti diare, kolik, perut kembung, menyehatkan jantung, meredakan mual dan lainnya. jahe juga digunakan untuk bumbu masakan supaya menambah rasa masakan menjadi agak pedas namun pedas khas dari jahe,

Jahe banyak terdapat di Indonesia dan adalah termasuk salah satu dari jenis rempah-rempah yang diperrbutkan oleh kaum penjajah pada zaman dahulu. Kandungan nutrisi jahe akan sangat melimpah pada saat jahe masih muda namun tidak terlalu muda maka dari itu panen jahe biasanya saat jahe masih muda. Pengolahan jahe sebaiknya dilakukan segera setelah diambil dari tanamannya karena masih terdapat kandungan nutrisi yang maksimal dan jangan sampai biarkan jahe kering karena nutrisinya sudah menghilang. Fungsi utama jahe adalah untuk penghangat tubuh dan biasanya dibuat untuk minuman herbal wedang jahe dan bisa dicampur dengan beberapa jenis rempah lainnya.

artikel terkait manfaat jahe:

- manfaat jahe dicampur madu
- manfaat jahe saat flu
- manfaat jahe untuk ginjal
- manfaat taaman jahe
- manfaat air jahe dan madu

Ada banyak bentuk dari jahe yang ada di pasaran yang bisa kita temukan dengan mudah. Ada yang berbentuk jahe kering dimana jahe sudah diiris tipis dan dijemur. Dengan model jahe ini kita bisa menyeduhnya menjaid teh jahe. Ada juga dalam bentuk bubuk jahe dimana jahe sudah dihaluskan dan kemudian kita bisa mencampurkannya dalam berbagai jenis minuman dan makanan. Bubuk jahe dianggap untuk jenis produk jahe yang paling instan dan paling banyak disukai orang.

Jenis tanaman jahe

Jahe terdiri dari berbagai jenis tanaman ya menjadi 3 golongan. Setiap jenisnya mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing, berikut ini adalah beberapa Janis tanaman jahe yang perlu kita ketahui.

- Jahe badak/jahe gajah

Seperti dengan namanya jahe gajah atau jahe badak ini memang mempunyai ukuran paling besar diantara jahe lainnya. buah dari jahe jenis ini berwarna kuning dengan aroma yang sangat kuat. Jahe badak biasanya digunakan untuk bumbu masakan dan juga minuman wedang jahe karena aromanya yang kuat dan tajam maka dari itu sangat cocok saat diminum di musim dingin.

- Jahe merah

apabila jahe badak mempunyai ukuran dan aroma yang besar dan kuat maka jahe merah adalah jahe yang mempunyai rasa paling pedas. Jahe merah seperti namanya mempunyai kulit ari yang berwarna merah dan mempunyai kandungan minyak astiri yang sangat tinggi maka dari itu sangat bermanfaat bagi tubuh. jahe merah sudah terkenal dalam pembuatan jamu dan obat herbal dari jahe karena yang paling banyak terdapat kandungan nutrisi tinggi.

- Jahe kuning

Jahe kuning adalah jenis jahe lainnya yang ada dan mempunyai daging buah berwarna kuning namun ukurannya biasa saja tidak terlalu besar dan tidak terlalu keci. Rasanya pun tidak terlalu pedas maka dari itu sering digunakan dalam bumbu masakan.

(baca juga: manfaat wedang jahe untuk kesehatan manfaat jahe merah manfaat permen jahe)

Berbagai jenis jahe yang ada ini semuanya bermanfaat bagi tubuh dan bisa kita dapatkan manfaat seutuhnya dengan cara mengonsumsi jahe itu sendiri.

Kandungan Nutrisi Jahe

Di dalam jahe terdapat kandungan zat fitokimia, merupakan satu-satunya zat yang bisa menjadi analgenesik, anti-bakteri, anti inflamasi serta anti piretik. Jadi jahe sangat bagus untuk meredakan berbagai gejala penyakit yang ada di dalam tubuh. fakta unik lainnya dari jahe adalah jahe tidak terdapat kandungan kolesterol sama sekali dan hanya mempunyai 80 gram kalori pada tidap 100 gramnya. Kandungan lainnya yang ada di dalam jahe misalnya adalah berbagai jenis vitamin seperti vitamin B6, vitamin B5, chineol, shaogol, farnesene dan lainnya. (baca juga: manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan)

Semua bagian dari akar jahe bermanfaat dan saat dapat digunakan untuk bumbu masakan serta obat herbal. pada waktu ini sudah banyak tersedia obat herbal yang terbuat dari jahe ini baik dalam kemasan kapsul, tabet, sirup, makanan seperti biscuit, roti, minuman dan lainnya. kita bisa mengonsumsi produk yang menggunakan jahe ini terutama saat musim dingin tiba karena bisa menghangatkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manis

Semua orang setuju bahwa mengkonsumsi air jahe itu sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk menghangatkan badan. Namun apa sajakah manfaat yang ada di dalam air jahe ini? simak berikut ini.

1. Melancarkan ASI

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dapat melancarkan asi seperti makanan laut udang, ikan, kepiting dan lainnya. namun ada beberapa ibu menyusui yang alergi dengan makanan laut maka dari itu untuk gantinya kita bisa meminum air jahe ini untuk melancarkan asi. Konsultasikan dengan dokter dahulu apabila kita ingin minum air jahe saat menyusui untuk cara membuat dosis yang tepat.

artikel terkait: manfaat kiranti untuk mencegah kehamilan

1. Mengatasi perut mulas

Perut terasa mulas namun sulit dikeluarkan, itu adalah termasuk salah satu dari keadaan yang banyak dialami oleh orang Indonesia biasanya karena tidak mengsonsumsi cukup serat. Untuk membantu mengatasinya kita bisa meminum air jahe. kita bisa membuata air jahe seperti yang sudah dipaparkan atau dengan cara memarut jahe dan saring airnya lalu kemudian kita minum air perasan jahe tersebut. Minumlah sebanyak 2 kali sehari sampai perut kita terasa lebih nyaman.

artikel terkait: manfaat pusar bagi manusia

1. Mengobati flu dan sakit kepala

Flu yang menyerang biasanya disertai dengan rasa sakit kepala serta demam. Nah salah satu manfaat air jahe ini adalah untuk salah satu cara mengobati penyakit flu yang disertai dengan rasa sakit kepala. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk jahe sampai halus dan berbentuk menjadi pasta kemudian tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa yang masih hangat. Kemudian oleskan ramuan tradisional tersebut ke bagian kening, hidung, leher dan dada. kita juga bisa membalurkannya di bagian tubuh yang terasanya nyeri dan sakit saat kita mengalami flu.

artikel terkait: manfaat gas CFC (cloro fluoro carbon)

1. untuk obat batuk

Batuk biasanya disebabkan oleh bakteri yang hingga di tubuh dan tenggorokan. Saat batuk biasanya tenggorokan akan terasa gatal dan kita bisa meredakannya dengan mengkonsumsi air jahe ini. irislah tipis-tipis jahe dan rebus sampai matang. Minumlah air jahe saat masih hangat untuk cara membuat manfaat yang lebih optimal. Dengan minuma air jahe ini yang akan membuat tenggorokan dan pernafasan kita menjadi lebih lega dan kita bisa lebih nyaman.

artikel terkait: manfaat obat ambroxol

1. Mengatasi keseleo

apabila kita mengelami keseleo atau terkilir kita juga bisa mengatasinya dengan jahe lho. Caranya adalah dengan menumbuk jahe sampai halus dan menjadi pasta kemudian tambahakn sedikit minyak kelapa yang masih hangat dan kemudian balurkan di area tubuh yang mengalami keseleo atau terkilir. Kandungan zat yang ada di dalam jahe akan membantu meredakan rasa sakit akibat terkilir ini.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi tulang

1. Mengatasi mabuk kendaraan

Mungkin kita sudah pernah mendengar atau apalagi kita juga sering mengalaminya sendiri mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan ini akan sangat menganggu perjalanan kita bukan? Karena kita tidak bisa menikmati perjalanan namun harus terkulai lemas di dalam kendaraan. Nah untuk membantu mengatasi mabuk perjalanan kita bisa minum air jahe sebelum kita berangkat perjalanan dan jangan lupa sediakan permen mint atau jahe ya untuk mencegah mual datang saat perjalanan.

artikel terkait: manfaat mahkota dewa untuk diabetes

1. untuk obat masuk angin

Masuk angin merupakan keadaan lelah dan tubuh akan terasa pegal serta tidak nyaman. Untuk membantu mengatasi masuk angin bisa menggunakan ramuan tradisional air jahe yang sudah dipaparkan sebelumnya. dengan minum air jahe ini tubuh akan lebih terasa hangat dan angin yang berlebihan dalam tubuh akan dapat langsung keluar dengan segera.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk diet

1. Mengobati migraine

Manfaat lainnya dari jahe ini adalah dapat mengobati migraine. Migraine disinyalir dianggap lebih menyiksa dari pada sakit kepala biasa dan rasa sakitnya lebih hebat. Nah untuk membantu mengatasinya kita bisa mengonsumsi air jahe ini secara teratur dan rutin saat kita merasa migraine kambuh. Manfaat air jahe juga mempunyai efek menenangkan jadi yang akan membuat kepala kita lebih terasa ringan.

artikel terkait: manfaat tanaman toga

1. Membantu meningkatkan kesuburan pria

Menurut sebuah studi yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa kandungan zat yang ada di dalam jahe bisa dapat meningkatkan vitalitas pria. kita bisa mengonsumsi wedang jahe dengan ditambah lemon dan madu. Manfaat lainnya dari jahe ini adalah bisa dapat membantu mengatasi masalah difungs ereksi yang dialami oleh pria serta meningkatkan libido. Dengan mengonsums jahe secara teratur dan rutin kita akan mendapatkan hubungan yang lebih harmonis dengan pasangan.

artikel terkait: manfaat jus mangga

1. cara mengatasi dan cara menghilangkan jerawat

Bagi kita yang pada waktu ini sedang mengalami masalah kulit seperti jerawat ternyata juga bisa diatasi dengan menggunakan jahe lho. Caranya adalah dengan membuat parutan jahe dan kemudian tempelkan di area wajah yang berjerawat dan menggunakannya seperti masker pada umumny. Zat yang ada di dalam jahe bisa dapat membuat jerawat kita hilang dan kita akan mendapatkan kulit bersih seperti yang diinginkan.

artikel terkait: manfaat tidur berpelukan

Efek Samping Jahe

sebetulnya pengonsumsian dari jahe ini sangat sedikit menimbulkan efek samping karena merupakan produk herbal yang sudah teruji sangat baik bagi tubuh. namun pengonsumsian dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu diare, kembung, mulas ringan dan perut begah. Jahe merupakan obat herbal yang mungkiin juga akan berinteraksi dengan obat herbal lainnya apabila dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu apabila kita ingin mengonsumsi obat herbal dari jahe serta obat herbal lainnya sangat disarankan untuk cara membuat dosis yang tepat dari dokter terlebih dahulu.

Para penderita batu empedu juga sanagt disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi jahe apakah aman atau tidak. Keadaan ini disebabkan oleh adanya zat dalam jahe yang mungkin tidak cocok bagi para penderita batu empedu. Bagi pasien yang hendak melakukan operasi dan anastesi juga harus bertanya dengan dokter terlebih dahulu apakah baik mengonsumsi jahe atau tidak. namun secara umum jahe itu aman kecuali untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Begitu pula dengan wanita hamil dan menyusui, para penderita penyakit jantung dan diabetes juga disarankan untuk konsultasi dengan dokter apabila ingin mengonsumsi jahe. Orang yang pada waktu ini sedang mengonsumsi obat aspirin juga demikian. Dosis pengonsumsian jahe mungkin akan sedikit berbeda dari satu orang ke orang lainnya sesuai dengan kondisi kesehatan tertentu.

artikel terkait: manfaat kuli buah naga

Dosis jahe

Secara umum dosis jahe yang disarankan adalah 2 sampai 4 gram saja per hari dan itu merupakan dosis kecil. Untuk pengonsumsian jahe dalam dosis besar di atas 4 gram per harinya mungkin akan menimbulkan efek mulas, diare dan perut kembung. Penggunaan dosis besar jahe pada ibu hamil atau menyusui sebaiknya sebanyak 1 gram saja karena jahe bisa dapat mempengaruhi keadaan rahim. Oleh karena itu pada beberapa kondisi tertentu kita sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk masalah ini.

Dosis lainnya yang disarankan adalah untuk beriku:

- Untuk mengatasi mual, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya cukup menggunakan 1 gram jahe saja dan dikonsumsi secara terbagi jadi tidak boleh bersamaan. Untuk lebih pastinya kita bisa meminta dosis yang tepat dari dokter saja.
- Bagi kita yang sedang mengalami mual dan muntah karena efek hamil muda maka sebaiknya mengonsumsi 650 mg hingga 1 g jahe. Keadaan ini bisa membantu meredakan mual dan muntah namun tetap aman bagi kandungan.
- Bagi para penderita arthritis bisa menggunakan jahe sebanyak 250 mg dan diminum sebanyak 4 kali dalam sehari.

Sebaiknya kita tidak memberikan jahe pada anak yang berada di usia masih di bawah dua tahun karena sistem pencernaan mereka belum optimal untuk mencerna jahe dan kemungkinan bisa membuat efek panas pada perut bayi.

artikel terkait: manfaat buah cepokak

Cara Membuat Wedang Jahe

Salah satu jenis minuman herbal yang sangat terkenal di Indonesia adalah wedang jahe. Minuman ini mempunyai rasa cukup pedas khas jahe yang yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Oleh karena itu tidak heran apabila wedang jahe biasanya disajikan dalam keadaan panas saat cuaca sedang dingin. Mungkin dari kita belum ada yang tahu bagaimana cara membuat wedang jahe ini? simak berikut ini.

- Pertama siapkanlah beberapa rimpang jahe sesuai kebutuhan kita
- Kemudian cuci bersih dan bakar namun jangan sampai gosong sampai jahe mengeluarkan sedikit air dan aromanya yang harum
- Setelah itu geprek jahe hingga pipih dan masukan ke dalam air hangat yang sudah kita siapkan sebelumnya.
- kita bisa menambahkan gula jawa supaya rasanya lebih manis.

Ada juga cara membuat wedang jahe namun dengan merebusnya. Caranya sebetulnya sama hanya saja setelah jahe digeprek kemudian direbus dengan air hingga matang. Atau kita bisa membeli bubuk jahe yang pada waktu ini sudah beredar dipasaran dengan aneka rasa yang ada. Ini juga akan lebih praktis dan lebih instan bagi kita. Apapu pilihan kita yang paling penting adalah semuanya bermanfaat bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat gurah

loading...

Manfaat Air Jahe bagi Kesehatan