Manfaat Air Legen Pada Tubuh



Manfaat Air Legen Pada Tubuh serta Khasiat kegunaan dan efek samping disaat melewati beberapa ruas jalan pada siang yang terasa terik, beberapa orang akan melihat di pinggir jalan untuk mencari minuman dingin, seperti esteh, es jeruk, dawet. Beberapa minuman tersebut memang tidak asing di telinga banyak orang. Akan tetapi sebenarnya terkadang disaat melihat pinggir jalan, terdapat beberapa orang yang menjajakan minuman berwarna putih keruh namun terlihat segar. Penjual menggunakan tulisan sederhana dengan menuliskan air legen. Air legen ini memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat, karena belum banyak dijual bebas seperti es degan. Tidak semua ruas jalan juga terdapat penjual air legen ini. Meskipun air legen terlihat keruh, akan tetapi sekilas melihatnya saja air legen terlihat sangat segar seperti air degan atau kelapa muda.

artikel terkait:

- manfaat tuak
- manfaat jamur ascomycota
- manfaat gula merah untuk diet
- manfaat buah naga untuk diabetes
- manfaat buah naga untuk kesuburan

Jenis Air Legen

Air legen tidak hanya dapat dihasilkan oleh satu jenis pohon. Air legen dapat berasal dari pohon yang masih dalam jenis palmae seperti siwalan atau lontar, pohon kelapa dan juga pohon aren. Akan tetapi sebenarnya yang paing populer adalah air legen yang berasal dari pohon siwalan.

1. Air Legen Pohon Siwalan

Pohon siwalan mempunyai dua jenis, yaitu jantan dan betina. Air legen yang berasal dari pohon siwalan, biasanya dari manggar pohon siwalan betina dengan menyayat manggar siwalan betina dan mengambil getahnya yang dikumpulkan dengan menggunakan tabung bambu.

1. Air Legen Pohon Kelapa

Hampir sama seperti air legen siwalan, air legen kelapa diambil dari bunga pohon kelapa. Warnanya hampir sama dengan air kelapa muda, hanya saja lebih keruh. Legen kelapa tidak banyak dicari karena kalah populer dengan air kelapa muda.

1. Air Legen Pohon Aren

Pohon aren sangat populer dengan gula aren yang dihasilkan oleh pohon ini. Selain itu, aren juga dapat memproduksi air legen seperti pohon siwalan dan pohon kelapa. Berbeda dengan air legen dari siwalan yang dapat berasal dari bunga betina, air legen dari pohon aren dihasilkan oleh nira bunga jantan. Pohon aren mulai dapat disadap untuk diambil niranya pada usia 5 tahun. Pohon aren dapat memproduksi air legen yang cukup banyak, yaitu sampai 20 liter tiap hari setiap pohonnya.

artikel terkait: manfaat kolang-kaling untuk lutut - manfaat pasak bumi

Cara Mendapatkan Air Legen

Air legen mempunyai arti dalam bahasa jawa yaitu legi atau manis. Air legen berasal dari bunga pohon siwalan yang berjenis perempuan. Airnya sendiri diperoleh dari sulur bunga pohon siwalan yang di potong sedikit untuk disadap dan diambil getahnya. Untuk menampung getah, biasanya digunakan tabung bambu. Penyadapan dilakukan dengan waktu semalam saja, dan pada pagi harinya, tabung bambu akan penuh dengan air getah dari pohon siwalan ini. Rasa getah siwalan sebetulnya sedikit asam, dan untuk menghilangkan rasa asamnya, biasanya akan dicampurkan sedikit air kapur.

Selain pohon siwalan, sebetulnya air legen dapat dihasilkan dari manggar bunga aren dan manggar bunga kelapa, hanya saja legen yang berasal dari pohon siwalan lebih banyak dijual. Manggar bunga aren yang dapat disadap untuk diambil air legennya bukan bunga betina seperti pada pohon siwalan, akan tetapi malah bunga jantan yang dapat menghasilkan air legen.

Bunga pohon kelapa juga dapat diambil airnya untuk dijadikan air legen. Akan tetapi sebenarnya legen dari pohon kelapa ini tidak banyak diambil. Karena kelapa sendiri lebih banyak dimanfaatkan air kelapa muda dibandingkan dengan air legennya.

artikel terkait: manfaat air cucian beras

Kandungan Dalam Air Legen

Air yang berasal dari sadapan getah manggar bunga siwalan, maupun legen yang berasal dari kelapa maupun pohon lainnya, mempunyai beberapa kandungan gizi didalamnya. Beberapa kandungan air legen diantaranya:

- Gula
- Protein
- Nitrogen
- PH 6,7 sampai 6,9
- Mineral
- Fosfor
- Zat Besi
- Dan Vitamin C serta vitamin B1

Beberapa kandungan dalam air legen, membuat air legen tidak hanya segar, akan tetapi dapat bermanfaat untuk kesehatan disaat meminumnya.

artikel terkait: manfaat obat cacing

Manfaat Air Legen

Meskipun terlihat keruh, akan tetapi air legen mempunyai rasa yang manis dan segar untuk melepas dahaga. Selain itu, air legen mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Dari kandungan yang dimiliki air legen, air legen mempunyai beberapa manfaat. Meskipun dari asal pohon yang berbeda, akan tetapi secara umum air legen mempunyai manfaat yang sama. Beberapa manfaat yang dimiliki air legen diantaranya:

1. Melepas Dahaga

Manfaat utama dari meminum air legen yaitu untuk melapas dahaga. Rasanya yang manis dan segar, yang akan membuat tenggorokan kembali segar dengan meminumnya. Dibandingkan dengan meminum minuman lain yang berasal dari minuman sashet dan kemasan. Minum air legen juga lebih sehat karena tidak mempunyai kandungan kimia berbahaya, tidak terdapat kandungan pemanis buatan dan juga tidak terdapat kandungan pengawet.

artikel terkait: manfaat pohon enau

1. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting karena pada organ inilah darah disaring agar tidak terdapat senyawa atau zat yang tidak bermanfaat diedarkan kembali oleh darah. apabila ginjal mengalami kerusakan, maka penyaringan darah akan terganggu. Kerusakan ginjal bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Dan jika ginjal mengalami kerusakan, semua organ tubuh akan terganggu karena darah yang mengalir keseluruh tubuh banyak terdapat kandungan zat yang seharusnya dibuang melalui ginjal. Untuk memperbaiki fungsi ginjal, biasanya seseorang akan disaran meminum banyak air putih. Selain cara ini, memulihkan dan memperbaiki fungsi ginjal dapat dilakukan dengan meminum air legen. Kandungan dalam air legen dapat membersihkan ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal. maka dari itu ginjal dapat bekerja untuk melakukan penyaringan terhadap darah dengan baik.

artikel terkait: manfaat aren

1. Mencegah Impotensi

Pria yang mengalami impotensi pasti akan merasakan gundah di dalam hatinya. Karena tidak dapat menyalurkan hasrat yang sedang diinginkan. Pengobatan untuk penyakt impotensi banyak dilakukan baik secara medis maupun melalui pengobatan alternatif. Selain kedua cara tersebut, mengatasi impotensi juga dapat dilakukan dengan meminum air legen. Air legen ini dapat merangsang saraf otot maka dari itu dapat mencegah terjadinya impotensi.

1. Meningkatkan Produksi Sperma

Berbeda dengan impotensi, pria yang mempunyai produksi sperma sebetulnya juga tetap dapat melakukan hubungan dengan pasangannya. Hanya saja, masalah yang dialami jika pria mempunyai produksi sperma yang sedikit, biasanya akan terjadi kemandulan dan tidak dapat terjadi proses pembuahan. Untuk meningkatkan produksi sperma, banyak orang percaya dengan mengkonsumsi tauge produksi sperma akan meningkat. Akan tetapi sebenarnya cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan meminum air legen. Meskipun belum banyak diketahui, air legen sebetulnya dapat membantu meningkatkan produksi sperma.

artikel terkait: manfaat buah lontar

1. Menggantikan Cairan Tubuh Yang Hilang

Air legen mempunyai kandungan seperti cairan isontonik. Dimana fungsi isotonik itu sendiri dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang, baik keluar melalui keringat maupun urin. Meminum air legen tidak hanya melepas dahaga, akan tetapi juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan banyak aktvitas.

artikel terkait: manfaat wesi kuning

1. Memulihkan Stamina

Seperti air kelapa, meminum air legen dapat mengambalikan stamina yang hilang akibat melakukan banyak aktivitas. Meminum air legen dapat membuat seseorang merasa bisa dapat untuk melakukan banyak pekerjaan karena air legen juga dapat berfungsi untuk bahan bakar tubuh.

1. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Beberapa tenaga medis memang tidak menyarankan ibu hamil meminum air legen, karena dirasa kurang higienis. Akan tetapi sebenarnya sebetulnya tidak menjadi masalah bagi ibu hamil untuk meminum air legen ini selama tidak meminumnya terlalu banyak. Bagi ibu hamil, air legen dapat berfungsi untuk membersihkan bayi. Beberapa orang percaya, meminum air legen saat masa kehamilan dapat membuat jabang bayi mempunyai kulit yang putih.

artikel terkait: manfaat dongeng

1. Mengikis Kalsium Pada Saluran Kencing

Kalsium memang sangat baik untuk tulang dan gigi, akan tetapi, jika terdapat kalsium masuk di dalam saluran kencing. Kalsium tersebut tidak bermanfaat, tetapi malah menjadi penyebab gangguan kesehatan. Kalsium yang ada pada saluran kencing, dapat menghambat kencing yang akan keluar. Penderitanya akan mengalami kesakitan disaat buang air kecil. Untuk mengatasi, kalsium pada saluran air kencing ini harus dikeluarkan agar tidak menghambat urin yang keluar. Untuk mengeluarkan kalsium dari saluran kencing, dapat dengan meminum air legen. Kandungan dalam air legen bisa dapat menghancurkan kalsium yang menghambat saluran kencing. Kalsium tersebut akan hancur dan keluar bersama dengan aliran urin yang keluar.

artikel terkait: manfaat atlas

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Air legen mempunyai banyak kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Setiap kandungan gizi dalam air legen berfungsi untuk mensuplai nutrisi tubuh yang belum terpenuh. Masing-msing kandungan dalam air legen dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan tubuh dan memenuhi bagian yang tubuh yang kekurangan nutrisi.

1. Melancarkan Pencernaan

Meskipun mempunyai kandungan serat yang sedikit, air legen dapat mengatasi masalah pencernaan. Tidak dengan mencukupi kebutuhan serat, akan tetapi air legen membantu melancarkan pencernaan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dibandingkan dengan air biasa, air legen lebih efektif untuk mengembalikan cairan tubuh dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena mempunyai sifat isotonik, yang memang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

artikel terkait: manfaat puasa mutih

1. Mengatasi Diabetes

Air legen memang mempunyai rasa yang manis seperti namanya. Akan tetapi sebenarnya potensi peningkatan gula atau indeks glikemik dari air legen ini tergolong rendah. Zat yang mempunyai indeks glikemik yang rendah dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Air legen sendiri meskipun rasanya manis, akan tetapi dapat membantu menstabilkan gula darah, dan menurunkan gula darah menjadi normal.

artikel terkait: manfaat daun cocor bebek

1. Bersifat Antibiotik

Air legen mempunyai kandungan antiobiotik di dalamnya. Meminum air legen dapat membantu mencegah dan menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Produk olahan dari air legen berupa minuman probiotik yang terdapat kandungan mikroorganisme yang baik dan dapat melawan bakteri jahat yang merugikan tubuh. Enzim antibiotik yang terdapat didalam air legen ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang menyerang tubuh yang disebabkan karena pertumbuhan bakteri dan virus.

1. Mengurangi Stres

Kandungan vitamin dalam air legen dapat meningkatkan mood atau perasaan jiwa seseorang. Air legen dapat mengurangi stress dengan melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh secara tidaksadar juga bisa menjadi penyebab pikiran menjadi stress. Dengan meminum air legen, senyawa berbahaya dalam tubuh dapat diatasi dan stress yang dialami dapat berkurang.

artikel terkait: 18 manfaat kayu kokka kalimantan untuk kesehatan

Cara Penyimpanan Air Legen

Air legen mempunyai manfaat yang luar biasa meskipun belum banyak diketahui oleh banyak orang. Yang perlu diperhatikan, yaitu dengan segera meminum air legen yang telah disadap dari pohonnya. Air legen tidak dapat bertahan lama seperti air kelapa. apabila penyimpanannya kurang tepat, air legen hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja. Dengan penyimpanan yang benar, air legen dapat bertahan selama 2 hari. Keadaan ini disebabkan karena aktivitas mikroba yang terdapat didalam air legen dapat melakukan proses fermentasi air legen dengan cepat. Air legen yang telah mengalami proses fermentasi dapat berubah menjadi tuak yang memabukkan, bukan lagi air legen yang manis.

Berbagai manfaat air legen yang begitu banyak, sangat disayangkan jika belum pernah mencoba untuk meminumnya. apabila tidak beli pada petaninya langsung, sebaiknya dapat tepat memilih penjual, karena banyak penjual air legen yang mencampurkan bahan pemanis buatan yang merusak rasa asli dari air legen. Memang benar perlu juga mencoba meminum air legen karena tidak berbahaya dan tidak memabukkan.

loading...

Manfaat Air Legen Pada Tubuh