Manfaat Air Mata bagi Kesehatan



Manfaat Air Mata bagi Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping Menangis kadang kadang di nilai tidak bermanfaat dan tidak bermanfaat. disaat kita di timpa masalah, lalu menangis untuk meluapkannya. Setelah itu, mungkin beberapa orang akan beranggapan, mengapa harus menangis? Akankah menangis menyelesaikan permasalahanmu? Tidak kan? Lalu apa gunanya menangis?

Apa yang terjadi setelah menangis?Mata menjadi bengkak, hidung berair, wajah kita menjadi sedikit lebih lebar dari ukuran biasanya. Tentu penampilan yang kurang enak, bukan?

Menangis memang menjadi lambing wanita. Banyak lelaki yang beranggapan bahwa senjata utama wanita adalah menangis. apabila saja ada air matanya yang menetes satu butir saja, tak aka nada lelaki jantan yang akan tahan. Mengapa begitu?

1. Membantu Penglihatan

Menangis adalah termasuk salah satu dari aktivitas mengeluarkan air mata dari kantung mata. Keadaan ini yang akan membuat mata kita menjadi basah. Ternyata Hal ini justru membantu penglihatan kita agar lebih jelas. Coba saja disaat penglihatan kita mulai kabur, keluarkan sedikit air mata kita. Lihat perbedaan yang signifikan, bukan?

Untuk lebih mengoptimalkan penglihatan pada mata ini dapat juga mengkonsumsi jambu biji.Manfaat jambu bijiyang terkandung didalamnya ini dapat menjadi sumber Vitamin untuk mata yang sama hal nya banyak terdapat kandungan Vitamin A sepertimanfaat wortel.

1. MencegahDehidrasi Membrane Mata

Bukan hanya tubuh kita yang mengalami dehidrasi, akan tetapi mata kita juga. disaat terjadi dehidrasi, maka mata kita akan menajdi sangat kering. Hasilnya adalah pandangan kita menjadi remang remang dan kabur. Solusinya adalah dengan mengeluarkan air mata. Keadaan ini akan membantu menormalkan kondisi mata kita.

1. MeningkatkanHubunganRelasiSocial

kita pernah menjadi teman curhat dari teman dekat kita? Apakah ia menceritakan masalahnya dengan menangis? Lalu bagaimanakah perasaan kita? Apaka ada rasa simpati dan empati? apabila ada, seharusnya kita ikut menangis bersama mereka, ikut merasakan pedihnya penderitaan mereka. Lalu kita membantu untuk menguatkan. Menangis memang menjadi salah satu alasan persahabatan kita menjadi dekat dan lekat. Dengan adanya tangisan yang sama, akan meningkatkan hubungan keharmonisan.

1. Mematikan Bakteri

kita sejujurnya tidak memerlukan obat tetes mata untuk cara mengatasi dan cara menghilangkan dan membunuh bakteri di mata. Sebab air mata sendiri mempunyai khasiat untuk membunuh bakteri 95%. apalagi lebih aman dan tidak ada resiko alergi. Adanya cairan di dalam air mata yaitu lisozom akan menumpas bakteri jahat tersebut.

1. MengurangiDepresi

Inilah alasan mengapa banyak wanita yang mudah menangis. Dalam mekanisme pertahanan yang di ciptakan wanita akan menjadi lebih mudah apabila di keluarkan bersama air mata. Jadi meskipun wanita akan lebih cepat depresi, akan tetapi juga lebih cepat bangkit kembali. Air mata ini akan meluapkan depresinya, maka dari itu perasaanya akan lebih baik dan lebih lega setelah menangis.Tidak hanya itu ternyata tanpa banyak disadari oleh banyak orang,manfaat peteyang tersembunyi juga dapat meredakan depresi pada seseoorang.

1. MeningkatkanMoodDiri

Menangis akan membantu mood kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mood ini di ciptakan dari perasaan kita. Setelah menangis, maka perasaan kita akan menjadi lebih tenang dan mudah untuk berpikir positif. Dengan begitu mood baik juga akan tumbuh.

1. MembantuMembuangRacun

Racun bukan hanya akan di keluarkan bersama air seni saja, akan tetapi bersama air mata pula. disaat kita secara emosional menangis, seperti disaat tersakiti, maka air mata bersama racun akan keluar serempak. Jangan takut, sebab air mata yang membawa racun itu tidak akan menjadi masalah disaat keluar melalui mata kita. Akan tetapi untuk cara mengatasi dan cara menghilangkan toksin yang terdapat dalam tubuh disarankan untuk mengkonsumsi susu beruang, sebabmanfaat susu beruangyang terkandung didalamnya terdapat mineral dan zat yang baik untuk tubuh.

1. MembantuMengurangiRasaTakut

Apakah kita adalah salah satu orang yang takut akan suasana gelap gulita? apabila benar, maka pernahkah disaat terjadi mati lampu di rumah kita, sedangkan tidak ada satu orang lain pun di rumah kita. Bagaimana perasaan kita? Takut? Khawatir? Lalu apa yang kita lakukan?

Pastilah menangis!

Menurut study yang di lakukan bahwa disaat menangis juga bisa terjadi disaat seseorang merasa takut. Keadaan ini akan keluar secara emosional. Entah karena takut gelap, takut di tinggal orang yang kita sayang, bukanlah menjadi alasan satu satunya untuk kita menangis. Sebab sejatinya setelah menangis akan memberikan sedikit kekuatan dan energy untuk melawan rasa takut itu, atau hanya sekedar bertahan.

1. MenurunkanStress

Perlu kita ketahui, bahwa stress dan depressi itu berbeda. Tingkat keakutan depresi akan lebih tinggi, misal disaat seseorang sudah tak bisa dapat mengatasi stress dan tekanan yang berlanjut lanjut, maka yang akan menghampirinya adalah depressi. Sedangkan stress tingkatanya lebih rendah dan mutlak di perlukan oleh semua manusia agar tahan banting mentalnya lebih kuat. Hanya saja kebanyakan orang tidak bisa dapat mengatasi stress yang menimpanya. Lalu apa yang di laukan? pastinya menangis.

Menurut penelitian disaat kita menangis karena stress, maka akan mengeluarkan air mata yang terdapat kandungan zat kimiaAdrenocorticotrophic(ACTH) lebih banyak. Keadaan ini akan merangsang hormone kortisol, yaitu hormone yang berhubungan langsung dalam pengaturan stress untuk menekan tingkat kestresan tersebut lebih tinggi. Keadaan ini membuat energy positifnya kembali dan siap menghadapi masalahnya.

1. MenstabilkanKondisiTubuh

disaat sesorang menangis, maka tubuhnya akan berusaha mengeluarkan endorphin, yaitu suatu hormone yang membantu untuk meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang. Hormone ini juga sangat baik untuk membantu menstabilakan kondisi seseorang, baik secara pikiran, mood, dan emosional yang masih labil.

1. MengurangiResikoPilek danFu

Air mata juga membantu kita untuk bertahan dari serangan penyakit. Salah satunya adalah pilek dan flu. Mengapa? disaat kita menangis maka lisozom fluida akan membantu membunuh bakteri 95% di dalam tubuh. Secara sekaligus, zat ini akan mencegah kuman masuk dari luar yang dapat menjadi penyebab penyakit flu dan pilek.

Selain itu terdapat bahan lainnya yang dapat mengurangi gejala flu dalam tubuh, salah satunya padamanfaat daun salamyang efektif dipercaya bisa dapat membasmi gejala pilek dan flu dan infeksi lainnya dalam tubuh.

1. ZatPelumasAlamiTubuh

Air mata yang keluar akan menjadi pelumas alami mata. pastinya dalam aktifitas berkedip, seperti pergerakan bola mata ke kiri kekanan, maupun ke atas dan bawah membutuhkan pelumas agar perjalananya lancar dan halus. disaat membuka dan menutup kelopak mata juga membutuhkan pelumas agar mata tetap dalam kondisi lembut dan halus. Untuk itu di perlukan pelumas mata yang di hasilkan dari air mata. Pelumas ini juga sangat berfungsi untuk membantu memperjelas pendangan kita.

Ternyata cukup banyak juga manfaat air mata. Oleh sebab itu jangan ragu ragu untuk menangis. Sebab menangis bukanlah simnbol dari kewanitaan. Namun menangis adalah symbol manusia yang mempunyai emosi dan perasaan. Bukankah baik laki laki dan perempuan sama sama mempunyai perasaan? Selamat menangis.

loading...

Manfaat Air Mata bagi Kesehatan