Manfaat Akar Kelor untuk Kesehatan



Manfaat Akar Kelor untuk Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping Apakah kita pernah mendengar tentang tanaman kelor? Kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) merupakan tanaman yang sering tumbuh di daerah tropis hingga tinggi mencapai 7-11 meter. Kelor banyak dimanfaatkan bagian daunnya untuk sayuran dan obat. Seringkali daun kelor yang berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil ini pun dijadikan ungkapan dunia tak selebar daun kelor. Wah wah..

artikel terkait:

- manfaat daun kelor untuk asam urat
- manfaat daun kelor untuk asam lambung
- manfaat daun kelor untuk ginjal
- manfaat daun kelor untuk kolesterol
- manfaat daun kelor untuk jantung

Selain daunnya, akar daun kelor juga memiliki kemampuan yang tak kalah hebatnya dengan daun kelor. Akar kelor sering dijadikan untuk ramuan tradisional herbal tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di berbagai daerah. Lalu bagaimana cara memanfaatkan akar kelor untuk obat ini? Berikut merupakan ulasannya.

Cara Penggunaan

Akar kelor dapat dimanfaatkan melalui berbagai cara, seperti:

- Dijadikan untuk saus

Sifat pedas dengan kandungan glukosit pada akar kelor membuat akar kelor mempunyai rasa yang hampir seperti lobak putih maka dari itu akar kelor pun dapat dijadikan untuk saos layaknya saos lobak putih.

- ramuan tradisional akar kelor

Untuk penggunaan dalam, akar kelor juga dapat direbus untuk dijadikan jamu untuk kemudian diminum air rebusannya. Selain itu, kita juga dapat membuatnya untuk jus maupun menjadikan bubuk halus dengan cara dikeringkan untuk diseduh.

- Obat bubuh

Untuk penggunaan luar, akar kelor dapat ditumbuk dan kemudian dibubuhkan pada bagian kulit yang terdapat penyakit.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk diabetes

Manfaat Akar Kelor

Setelah kita membahas yang berhubungan dengan cara penggunaan akar kelor, memang ada baiknya untuk kita mengetahui manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari penggunaan akar kelor tersebut. Berikut merupakan ulasannya.

1. Membantu meringankan gejala rematik

jika kita mempunyai gejala rematik seperti kekakuan sendi dsb, memang benar perlu juga bagi kita untuk menggunakan akar kelor. Akar kelor dipercaya dapat meringankan gejala rematik yang terjadi pada sendi. Keadaan ini dikarenakan akar kelor mempunyai kemampuan untuk meringankan nyeri pada persendian.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk mata

2. Membantu meringankan gejala batuk

Meskipun sepele, batuk kerapkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Batuk dapat terjadi karena lingkungan maupun indikasi karena adanya penyakit di dalam tubuh. Bagi kita yang ingin meredakan batuk namun tidak ingin meminum obat, memang ada baiknya untuk jika kita menggunakan akar kelor untuk ramuan tradisional herbal untuk meringankan batuk. Keadaan ini dikarenakan akar kelor dipercaya terbukti ampuh untuk menyembuhkan batuk-batuk.

artikel terkait: manfaat biji kelor

3. Membantu meringankan gejala flu

Selain dapat meringankan gejala batuk, akar kelor juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan gejala flu yang mengganggu. Konon, cara ini telah lama digunakan di belahan Amerika sana. apalagi, cara ini dianggap sangat efektif untuk mengatasi flu dibandingkan dengan obat-obatan yang tersedia di pasaran.

artikel terkait: manfaat kayu les kelor

4. untuk penambah nafsu makan

Karena rasanya yang lezat disaat disantap, biasanya buah dan kelor ini merupakan jawara yang cocok untuk membangkitkan selera makan. Nafsu makan seseorangpun dapat turun pada beberapa kasus dikarenakan sedang sakit, demam maupun yang lainnya. Tak perlu khawatir, akar kelor juga dapat berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan secara alami pada seseorang. Dibandingkan dengan koonsumsi obat-obatan penambah nafsu makan, cara ini dianggap lebih bagus oleh beberapa orang.

5. Membantu menyembuhkan bisul

Bisul adalah termasuk salah satu dari penyakit kulit yang cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan. Di India, akar kelor dianggap untuk salah satu obat penyembuh bisul yang telah terbukti ampuh dan diterapkan sejak lama meskipun bisulnya bandel sekalipun. Selain itu, akar kelor inipun dapat mengurangi bengkak akibat bisul.

artikel terkait: manfaat daun kelor

6. Membantu menyembuhkan kaki yang pegal-pegal

Kontraksi yang terjadi pada otot manusia setelah mengalami kegiatan bisa menjadi penyebab seseorang terasa lelah dan pegal-pegal, khususnya pada bagian kaki. jika kita kebetulan mempunyai akar kelor, memang benar perlu juga untuk memanfaatkan akar kelor yang dipercaya telah terbukti sangat efektif untuk meredakan pegal-pegal di kaki.

7. Membantu mencegah penyakit jantung

Jantung adalah termasuk salah satu dari organ yang sangat penting bagi tubuh untuk itu kita perlu menjaganya agar tetap sehat. Agar terhindar dar penyakit jantung yang dapat memicu kematian, kita dapat mencegahnya dengan cara menggunakan akar kelor. Akar kelor dipercaya mempunyai kandungan yang bersifat ampuh untuk mencegah penyakit jantung serta tidak mempunyai efek apapun.

artikel terkait: manfaat berenang setiap hari

8. Membantu mencegah iritasi pada kulit

Iritasi kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya ketidakcocokan dengan sabun pembersih kulit yang kita pakai. jika Keadaan ini terjadi, jangan biarkan iritasi berlangsung terlalu lama hingga menjadi semakin parah. Bagi kita yang sedang mengalami iritasi, memang benar perlu juga untuk menggunakan cara alternatif menggunakan akar kelor untuk menyembuhkannya. Keadaan ini dikarenakan akar kelor dipercaya mempunyai kekuatan yang ampuh untuk mengatasi iritasi kulit.

9. untuk obat malaria

Malaria adalah termasuk salah satu dari penyakit mematikan yang berasal dari gigitan nyamuk. Untuk mengatasinya, kita perlu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab malaria. Namun jika sudah terjangkit, memang benar perlu juga untuk menggunakan obat herbal akar kelor untuk membantu mengobati malaria. Meskipun demikian, kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan akar kelor ini untuk obat malaria.

artikel terkait: manfaat jeruk baby pacitan

10. untuk obat ginjal

Manfaat lain dari akar kelor adalah sebagao obat ginjal. Keadaan ini dikarenakan akar kelor dipercaya mempunyai kandungan senyawa yang ampuh yang dapat menjaga ginjal agar tetap seat dan dalam keadaan prima. Selain itu, akar kelor juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal.

artikel terkait: manfaat bulu landak

11. Membantu menstabilkan darah

Darah perlu dijaga kestabilannya agar tidak memicu timbulnya berbagai macam penyakit dan terhindar dari gangguan sistem darah. Salah satu cara yang dipercaya dapat membantu mestabilkan darah adalah dengan cara meminum ramuan tradisional akar kelor.

artikel terkait: manfaat sapi perah

Selain beberapa manfaat di atas, akar kelor juga masih mempunyai manfaat yang lain seperti:

1. Membantu meredakan penyakit ayan atau epilepsy
2. untuk ramuan tradisional yang bersifat diuretic yang ampuh untuk meluruhkan kencing
3. Bersifat antiskorbut yang dapat membantu meringankan gejala sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan
4. Membantu mengurangi rasa capek, pegal linu dan sakit pinggang
5. Membantu melancarkan haid bagi wanita yang siklus mensnya tidak teratur
6. Membantu meredakan kejang-kejang pada tubuh
7. Membantu meringankan gejala penyakit beri-beri
8. Membantu mengembalikan tenaga bagi kalangan ibu setelah melahirkan
9. Membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
10. Membantu melancarkan saluran pencernaan
11. untuk obat gonorhea

artikel terkait: manfaat madu ceng

loading...

Manfaat Akar Kelor untuk Kesehatan