Manfaat Akar Pisang Untuk Kesehatan



Manfaat Akar Pisang Untuk Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping kita pasti tidak asing dengan buah pisang. Buah kekuningan ini sangat populer di Indonesia. Buahnya yang sudah matang bisa dikonsumsi langsung sedangkan yang belum matang bisa diolah menjadi makanan lain seperti keripik. Daunnya pun sering bermanfaat untuk alas hidangan dan pembungkus makanan tradisional.Artikel terkait:

- Manfaat Pohon Pisang
- Manfaat Pisang Untuk Asam Urat
- Manfaat Pisang Sunpride
- Manfaat Pisang Kepok
- Manfaat Pisang Untuk Kesehatan dan Pengobatan Penyakit
- Manfaat Pisang Barangan
- Manfaat Pisang Emas
- Manfaat Pisang Ambon
- Manfaat Kulit Pisang
- Manfaat Daun Pisang Kering
- Manfaat Daun Pisang
- Manfaat Jantung Pisang

Buah pisang diklaim mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Namun tahukah kita bagian lain dari tanaman pisang juga mempunyai manfaat yang tidak kalah banyak dari buah pisang. Utamanya adalah bagian akar pisang. Akar pisang faktanya terdapat kandungan berbagai nutrisi yang dapat memberikan efek menyehatkan bagi tubuh.

Kandungan yang dimiliki akar pisang antara lain:

- serotonin
- norepinefrin
- tanin
- hidroksitriptamin
- dopamin
- vitamin A
- vitamin B
- vitamin C

Meskipun belum ada penelitian lebih mendalam yang berhubungan dengan akar pisang yang dipublikasikan, akan tetapi akar pisang diklaim dapat mengobati beberapa penyakit, diantaranya dapat mengobati hematuria atau kencing berdarah yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kandung kemih. Selain itu terdapat manfaat lainnya, yaitu:

1. Penawar Racun

Kemampuan akar pisang untuk menjadi obat penawar racun ternyata telah digunakan dari generasi ke generasi untuk ramuan tradisional herbal tradisional. Keadaan ini salah satunya dikarenakan oleh tanin yang juga bisa digunakan untuk antiseptik.

1. Pereda Demam

Pada dasarnya akar pisang mempunyai sifat anti piretik yang dapat memberi efek dingin pada tubuh. Efek dingin inilah yang nantinya bisa digunakan untuk meredakan tingginya sihu badan (demam). Anti piretik sendiri merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk merujuk obat pereda demam dengan cara mempercepat aliran darah dan mengeluarkan suhu panas melalui pori-pori untuk keringat.

1. Mendinginkan Darah

Kemampuan antipiretik lainnya yang terkandung pada akar pohon pisang adalah dapat mendinginkan darah.

1. Anti-Radang

Akar pisang rupanya telah menjadi obat tradisional yang digunakan untuk salah satu cara mengobati peradangan dari generasi ke generasi.

untuk salah satu cara mengobati radang tenggorokan, kita dapat mencuci satu genggam akar pisang kepok sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Sambil diremas-remas tambahkan tambahkan cangkir air masak. Setelah itu peras akar pisang sampai kita mendapatkan sarinya kemudian saring. Gunakan air sari akar pisang tersebut untuk berkumur 4-6 kali sehari sampai radang kita sembuh.

untuk salah satu cara mengobati radang otak, kita dapat meminum jus akar pisang. Caranya cuci akar pisang sebanyak 200 gram sampai bersih. Kemudian blender bersama air masak secukupnya. Setelah itu minum jus akar pisang secara teratur dan rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

1. Mengobati Hipertensi

Bagi penderita hipertensi (darah tinggi) akar pisang juga bermanfaat untuk salah satu cara mengobati dan apalagi mencegah terjadinya hipertensi. Cara menggunakan akar pisang untuk hipertensi adalah dengan cara merebus akar pisang segar sebanyak 30-120 gram. Setelah dingin kita dapat meminum airnya sebagaimana kita meminum teh. Untuk mendapat hasil yang optimal minum satu cangkir sehari tiga kali secara teratur dan rutin.

Penting untuk hipertensi:

- Manfaat Melon Untuk Hipertensi
- Manfaat Mentimun Untuk Hipertensi
- Manfaat Belimbing Untuk Hipertensi
- Manfaat Buah Naga Bagi Penderita Darah Tinggi

1. Asma

Sifat akar pisang yang anti inflamasi serta anti piretik bisa dimanfaatkan juga untuk mengobati penyakit sesak nafas atau asma.

Penting untuk asma:

- Manfaat Semut Jepang Untuk Asma
- Manfaat Daun Sirsak Untuk Penderita Asma

1. Pereda Rasa Sakit

Untuk luka ringan akar pisang bisang digunakan untuk pereda rasa sakit. Tanin yang terkandung pada akar pisang dapat membantu mencegah rasa sakit pada luka baru. Sedangkan untuk membantu menutup pembuluh darah kita dapat menggunakan manfaat getah pisang.

1. Baik Untuk Mata

Akar pisang baik untuk mata karena akar pisang terdapat kandungan vitamin A. Meskipun tidak sebanyak pada manfaat wortel seperti yang kita ketahui manfaat wortel untuk mata, akar pisang bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh.

1. Mengobati Sariawan

Akar pisang rupanya juga mempunyai kemampuan untuk mencegah serta mengobati sariawan Keadaan ini karena akar pisang dapat bertindak untuk antiseptik melawan infeksi dan anti inflamasi.

Penting untuk sariawan:

- Manfaat Manggis
- Manfaat Albothyl

1. Mengobati Maag atau Borok Lambung (bibis)

Fungsi lain dari efek dingin yang dimiliki akar pisang adalah menenangkan lambung. Kandungan dopamin yang ada pada akar pisang juga dapat menghambat pengeluaran asam lambung maka dari itu baik untuk mencegah timbulnya penyakit maag.

untuk salah satu cara mengobati maag yang disertai mual dan perih kita dapat menggunakan air rendaman akar pisang untuk herbal alternatif. Caranya cukup bersihkan akar pisang tidung selama beberapa saat. Setelah dirasa cukup lama minumlah air hasil rendaman tadi.

1. Penyakit kulit

Kandungan anti piretik dan anti inflamasi yang ada pada akar pisang juga dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

Manfaat akar pisang untuk tubuh memang masih belum diteliti dengan begitu detail namun tidak dapat dipungkiri bahwa akar pisang telah digunakan untuk tanaman herbal apalagi sejak sebelum pengobatan modern berkembang begitu pesat. Pengetahuan yang berhubungan dengan akar pisang untuk obat tradisional telah diturunkan dari generasi ke generasi. Untuk penggunaan untuk obat tradisional hanya dibutuhkan beberapa mili liter ekstrak akar pisang yang dikonsumsi setiap hari setidaknya 2-3 kali sehari secara teratur dan rutin.

loading...

Manfaat Akar Pisang Untuk Kesehatan