Manfaat Ampas Batu Bara di Berbagai Bidang



Manfaat Ampas Batu Bara di Berbagai Bidang serta Khasiat kegunaan dan efek samping Selama beradab abad batu bara menjadi sumber energi utama bagi masyarakat dunia. Beberapa penemuan apalagi menyatakan manusia telah memanfaatkan batu bara sejak abad 400 SM. Penambangan dan penggunaan batu bara mulai berkembang pesat sejak mesin uap ditemukan. Ini juga menandai terjadinya revolusi industri pada zaman itu. Sekarang penggunaan batu bara semakin berkurang. fungsi batu bara banyak digantikan sejak penemuan listrik. Batu bara tidak lagi digunakan untuk alat penerangan karena adanya listrik. Begitu juga mesin mesin yang memakai tenaga uap. Bukan hanya membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih besar, akan tetapi ampas batu bara juga dianggap menimbulkan masalah lingkungan.

Salah satu kelemahan penggunaan batu bara adalah jumlah abu/ampas yang dihasilkan cukup banyak. Ampas baru bara dibedakan menjadi 3 yaitu abu terbang (fly ash), abu dasar (bottom ash) dan abu terak. Ketiga bentuk ampas batu bara ini mempunyai kandungan karbon, Al2O3, SiO2, Fe2O3, CaO, MgO, Na2O, K2O dan SO3.Beberapa Oleh karena itu pemanfaatan ampas batu bara menjadi solusi yang tepat dibanding mengatasi pembuangan limbah pembakaran batu bara dan efeknya pada lingkungan. Kandungan yang dimiliki ampas batu bara sangat cocok jika dijadikan campuran bahan bangunan dan pupuk.

Manfaat ampas batu bara antara lain:

1. untuk bahan baku pembuatan semen. Ampas batu bara dijadikan pengganti clay.
2. untuk bahan campuran semen. Rasio semen dan ampas batu bara sebesar 20:1

3. pembuatan semen fly-ash. Rasio semen dan ampas batu bara bervariasi hingga 7:3
4. pembuatan semen ready-mix. Ampas batu bara hingga 20-30% dari jumlah semen yang digunakan.
5. untuk bahan pembuatan batako
6. untuk bahan pembuatan genteng
7. untuk bahan campuran beton hasil penelitian 3 mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITS membuktikan pembuatan beton menggunakan ampas batu bara dapat meningkatkan kekuatan beton. Pada penelitian ini takaran ampas batu bara adalah 10% dari jumlah semen yang digunakan.
8. Mengurangi keretakan beton ampas batu bara bersifat mereduksi air maka dari itu kekuatan ikatan semen pada beton semakin kuat.
9. Usaha pengurangan jumlah limbah Penggunaan batu bara masih banyak dilakukan oleh beberapa industri di Indonesia. Memanfaatkan ampas batu bara sama halnya dengan mengatasi solusi limbah batu bara yang jumlahnya menumpuk.
10. Peluang bisnis yang menguntungkan pemanfaatan ampas batu bara masih sangat sedikit pelakunyadi Indonesia. Meskipun demikian limbah batu bara yang dihasilkan dari pabrik bisa mencapai 40-60 ton perhari. Oleh karena itu ampas batu bara bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. apalagi salah satu CV pengolah ampas batu bara di Gresik, Jawa Timur dapat merauk keuntungan hingga 100juta perbulan.
11. kualitas lebih baik batako danpaving block yang dibuat dengan campuran ampas batu bara mempunyai kualitas yang lebih baik.
12. Menghemat biaya produksi dengan menggantikan beberapa bahan atau mencampurkan ampas batu bara, biaya produksi dapat ditekan. Biaya produksi dapat berkurang hingga 30-40%. Untuk proyek besar, jumlah ini sangat menguntungkan. Apalagi kualitas bahan bangunan lebih baik.

Baca juga artikel lain

1. manfaat gas metana
2. manfaat batu bara dalam kehidupan
3. manfaat limbah batu bara
4. manfaat batu garut ohen
5. manfaat batu pirus
6. manfaat buah kawista
7. manfaat batu bacan
8. manfaat batu giok
9. manfaat batu alam
10. manfaat batu granit
11. manfaat angkat beban
12. manfaat bubuk cendana
13. manfaat semen
14. manfaat kotoran kelinci
15. manfaat ikan haruan
16. manfaat rumput laut kering
17. manfaat kotoran walet
18. manfaat jamu akar dewa
19. manfaat ikan kakap merah
20. manfaat jamu buyung upik

Demikian uraian manfaat ampas batu bara. Pemanfaatan ampas batu bara di Indonesia mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan. Selain mempunyai sedikit saingan, kualitas bahan bangunan dengan campuran ampas batu bara juga sangat baik. Semoga bermanfaat.

loading...

Manfaat Ampas Batu Bara di Berbagai Bidang