Manfaat Getah Karet Dalam Kehidupan Sehari Hari



Manfaat Getah Karet Dalam Kehidupan Sehari Hari serta Khasiat kegunaan dan efek samping apabila kita membayangkan karet adalah benda yang elastis seperti ban mobil atau penghapus pensil ini adalah gambaran dari produk getah karet. Namun ternyata bahan super elastis ini menemukan jalan puluhan ribu produk yang berbeda dari segala sesuatu yang berasal dari stempel karet dan sepatu tahan air untuk berselancar, pakaian selam, topi renang, maupun selang untuk mesin cuci.

Karet, yang telah umum digunakan selama lebih dari 1000 tahun, sepenuhnya berasal dari sumber-sumber alam, sekarang produk karet dibuat secara artifisial di pabrik kimia. Keadaan ini karena keterbatasan agar dapat menghasilkan karet alam yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Dan pada gilirannya karena karet sangat fantastis dan bermanfaat.

Manfaat getah karet menjadi sangat luas dalam kehidupan sehari-hari, tak hanya itu, getah karet yang telah diolah menjadi produk tertentu ternyata dapat didaur ulang. Berikut kita eksplor manfaat getah karet.

1. Getah karet untuk menghasilkan tikar lantai

Tikar lantai dari karet dalam berbagai ukuran dan gaya yang masing-masing dirancang untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang ada mempunyai manfaat yang praktis. Tikar karet ini dapat menempel di permukaan tanpa menggunakan perekat. Karena tikar karet dapat memberi fungsi agar orang yang berjalan diatas lantai tersebut tidak mudah tergelincir. Ini adalah contoh dari manfaat keamanan menggunakan lantai karet. Selain itu tikar lantai dari karet dapat didaur ulang maka dari itu mendukung progam recycle. Tikar karet yang digunakan juga dapat membantu mencegah alergen dan zat berpotensi beracun lainnya dari dalam rumah atau lingkungan kerja. Daya tahan dan siklus hidup bahan ini lumayan panjang yaitu hingga 30 tahun.

2. Getah karet menghasilkan ban karet yang dapat didaur ulang

Selain tikar lantai dari karet yang dapat di daur ulang, getah karet dapat menghasilkan ban yang berasal dari sumber daya karet ini dan dapat di daur ulang. Tempat pembuangan sampah di seluruh Amerika yang penuh usang, disana banyak ban dari jutaan mobil yang dibuang dapat dimanfaatkan kembali menjadi daur ulang.

3. Getah karet untuk menghasilkan bantalan

Bantalan dari karet dapat memberikan manfaat yang sehat untuk karyawan yang bekerja. Slip karet Lebih lembut dapatmembantu untuk melindungi sendi antara tulang yang biasanya karyawan berjalan diiatas permukaan yang keras seperti beton.

Pada jangka panjang apabila berjalan dan bekerja dipermukaan keras bisa menjadi penyebab degenerasi tulang rawan bantalan antar sendi. Karyawan yang berdiri di atas permukaan yang keras akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan bantalan karet. Ini bisa menjadi solusi biaya efektif untuk biaya asuransi jangka panjang dengan cara mengurangi klaim masa depan.

Manfaat untuk keselamatan dan kesehatan serta kenyamanan dapat dilihat baik dalam penggunaan jangka pendek dan panjang dari bantalan karet. Selain itu biayanya cukup murah.

Pengertian karet sintetis

Karet sintetis yang dibuat di pabrik kimia menggunakan petrokimia untuk titik awal. Salah satu yang pertama (dan masih salah satu yang paling dikenal) adalah neoprene (nama merek untuk polychloroprene), dibuat dengan mereaksikan asam bersama-sama asetilena dan klorida. Emulsi stirena-butadiena karet (E-SBR), banyak digunakan misalnya untuk membuat ban kendaraan.

Sejarah pekembangan getah karet

1731 Selama ekspedisi ke Amerika Selatan, penjelajah Perancis Charles Marie de La Condamine mengirimkan kembali sampel karet ke Eropa, mendorong untuk kepentingan ilmiah yang lebih intens.
1770 Penemu oksigen, ilmuwan Inggris Joseph Priestley (1733-1804), menemukan ia dapat menggunakan potongan-potongan karet untuk menghapus tanda yang dibuat oleh pensil di atas kertas. Di Inggris, penghapus masih banyak disebut karet hari ini.
1791 Inggris, Samuel Peal mengembangkan metode waterproofing kain dengan larutan karet.
1818 Mahasiswa kedokteran Skotlandia James Syme (1799-1870) menggunakan kain yang dilapisi karet untuk membuat jas hujan.
1823 Inggris, Charles Macintosh belajar penemuan Syme ini, memurnikan, dan mematenkan, mendapatkan ketenaran dan keberuntungan untuk penemu karet, mantel yang tahan air. Mantel tahan air ini sudah dipercaya untuk Macintosh sejak itu.
1839 Penemu Amerika Charles Goodyear (1800-1860) sengaja menemukan cara mempulkanisir karet setelah menjatuhkan sepotong bahan (yang telah ditambahkan dengan sulfur) ke sebuah kompor panas.
1876 Sir Henry Wickham (1846-1928) menyelundupkan ribuan bibit dari pohon karet Hevea brasiliensis dari Brasil dan kembali ke Inggris. Lalu tumbuh benih di Kew Gardens di luar London dan mereka mengekspor ke berbagai negara di Asia, membangun perkebunan raksasa yang sekarang menyediakan banyak karet dunia.
1877 Produsen karet US, Chapman Mitchell mengembangkan proses komersial pertama untuk daur ulang karet dari awal.
1882 John Boyd Dunlop (1840-1921) menciptakan pneumatik (berisi udara) pada karet ban. Pengembangan mobil bertenaga bensin dengan ban karet menjadi penyebab peningkatan besar dalam kebutuhan karet.
1883 Ahli kimia AS George Oenslager (1873-1956) mengembangkan cara yang lebih cepat dari vulkanisasi karet menggunakan bahan kimia yang disebut organik (berbasis karbon) akselerator.
1930 Sebuah tim ahli kimia AS di perusahaan Dupont, yang dipimpin oleh Wallace Carothers (1896-1937), mengembangkan karet sintetis revolusioner disebut polychloroprene dan dijual untuk neoprene. (Tak lama kemudian, kelompok yang sama mengembangkan apalagi lebih bahan revolusioner yaitu Nylon)

Latex , keuntungan dan kerugian dari bahan asal getah karet

Keuntungan dari latex adalah dapatdigunakan pada container. Latex biayanya murah, dan mempunyai ketahanan abrasi yang baik, latex merupakan karet elastis. Karena sifatnya mempunyai elastisitas yang tinggi, fitur yang unik pada latex sepeti mempunyai kemampuan untuk dibuat produk seperti model cetakan glove. Latex juga sangat baik untuk pengecoran lilin dan gypsum.

Kekurangan dari latex adalah pada produk latex yang berbiaya rendah pada umumnya dapat menyusut. Dengan membuat cetakan dari lateks memakan waktu lama dan lambat prosesnya. Misalnya saat membuat sikat pada cetakan latex membutuhkan waktu sepuluh hari atau lebih. Cetakan latex pada umumnya tidak cocok untuk pengecoran resin.

Polysulfide, keuntungan dan kerugian dari bahan asal getah karet

Keuntungan dari cetakan Polysulfide adalah bahannya sangat lembut, dapat melar dan mempunyai daya tahan lama, beberapa ven dapat bertahan selama 40 tahun. Keadaan ini baik untuk membuat cetakan dengan detail yang sangat halus.

Sedangkan pada kekurangan Polysulfide mempunyai bau yang sangat ofensif. Polysulfides sendiri harus dicampur dengan berat yang akurat atau bahan ini tidak akan bekerja. Karet Polysulfide sendiri biaya produksinya lebih tinggi dari latex.

Silikon karet, keuntungan dan kerugian dari bahan asal getah karet

Manfaat getah karet selanjutnya adalah bahan silikon karet. Keuntungan pada silikon karet adalah dapat menjadi terbaik properti dari semua cetakan karet yang ada. Kombinasi dengan sifat yang baik, juga ketahanan kimia serta tahan panas membuat silikon menjadi pilihan terbaik untuk produksi resin.

Kekuranganya silikon pada umumnya tinggi diharga produksi. Silikon juga sensitif terhadap zat tertentu dan siklus hidupnya tidak panjang.

Polyurethan karet, keuntungan dan kerugian dari bahan asal getah karet

Keuntungan pada Poliuretan mudah untuk digunakan, bahan ini banyak mempunyai campuran rasio yang sederhana pada volumenya. Bahan ini umunya lebih murah daripada silikon dan polysulfide.

Kekurangannya adalah mirip seperti karet silikon meskipun mempunyai sifat yang bagus, karet ini dapat mudah terpengaruh oleh kelembapan udara.

Manfaat proses daur ulang bahan asal getah karet

Tujuan daur ulang adalah sangat penting untuk sejumlah alasan. Salah satu alasan yang paling jelas yaitu dalam mengurangi jumlah sumber daya alam yang dikonsumsi pada setiap produk baru. Daur ulang menghemat proses energi dalam menghasilkan jejak karbon yang lebih kecil, maka dari itu membantu lingkungan.

Proses daur ulang juga mencegah polusi udara dan air, selain itu sejak bahan dibawa ke fasilitas daur ulang bahan ini tidak berakhir di daerah yang tidak bermanfaat. apabila prosedur daur ulang terjadi dengan proses yang sempurna dan efisien, maka semua orang dapat mengkonversi produk yang telah lama terbuang ke dalam jumlah yang sama dalam produk yang sama juga.

Pengeluaran energi ini digunakan disaat memproses bahan daur ulang dan dapat meningkatkan biaya pembuatan barang-barang tertentu untuk tingkat keadan yang lebih tinggi. Kritik ini sering ditargetkan pada negara yang diamanatkan untuk berinisiatif daur ulang. Akan tetapi sebenarnya apabila biaya produksi lebih tinggi dapat dibenarkan, karena biaya pemeliharaan produk di tempat pembuangan sampah sebelumnya telah digunakan.

Proses Daur Ulang bahan asal getah karet

Daur ulang adalah proses di mana zat atau komponen produk yang digunakan direklamasi tanpa benar-benar menggunakan kembali sisa produk. Misalnya disaat pada bagian baterai ditemukan bagian emas yang juga ditemukan dalam chip komputer. Produk-produk semua ini diproduksi dari potongan-potongan sumberdaya alam yang alami kemudian digali, dipotong dan disempurnakan menjadi serangkaian produk yang elegan dan aksesoris rumah canggih.

Pilihan antara menggunakan karet atau kayu di kebun akan mendatangkan beberapa masalah yang cukup signifikan termasuk masalah toksisitas, seperti kemungkinan terkena kutu. Meskipun begitu kedua jenis ini dapat mempunyai kemampuan untuk kebocoran racun ke dalam tanah, maka dari itu perlu hati-hati dalam mempertimbangkan manfaat masing-masing produk potensial ini.

Daur ulang, dalam arti harfiahnya, adalah prosedur mengolah produk yang digunakan atau yang tidak diinginkan. Prosedur daur ulang ini unik dalam arti bahwa produk daur ulang sedemikian rupa maka dari itu

pada proses daur ulang dapt membantu untuk mengingat bahwa sebagian besar bahan dapat didaur ulang tetapi untuk produk-produk tertentu (yaitu ponsel dan komputer lama) menyediakan lebih banyak tantangan untuk rekondisi. Dalam Keadaan ini, kembali dalam keputusan atau bahan yang bisa digunakan kembali menjadi jauh tidak efisien.

Di sisi lain, produk-produk seperti, kertas, plastik, kaca, kaleng dan beberapa tekstil lainnya semua relatif mudah untuk diproses dan dengan demikian proses daur ulang menjadi sangat efisien. Item yang mudah didaur ulang seperti bahan organik hanya pada makanan dan tanaman untuk tertentu yang dapat dlakukan. Prosedur yang digunakan dalam kasus makanan dan tanaman ini dikenal untuk kompos bukan daur ulang.

Nah demikian, getah karet memang elastis dan tahan terhadap air, dapat mengapung, dan tidak menghantarkan listrik. Dalam bentuk yang belum diolah, karet biasanya digunakan untuk bahan perekat kontrasepsi, dan balon latex. Karet yang kurang elastis dan lebih tahan lama mempunyai lebih banyak kegunaan, mulai dari ban kendaraan ke pipa selang dan dari bahan buatan untuk gasket yang tahan air dan untuk penutup pintu pada mesin cuci. Ban sendiri masih menggunakan bahan tunggal terbesar yaitu bahan dari karet di dunia ini. Sekitar setengah dari semua produksi karet dunia berakhir menjadi roda mobil, sepeda, dan truk.

Baca juga :

- Manfaat getah jarak
- Manfaat rotan
- Manfaat pohon damar
- Manfaat hutan lindung
- Manfaat daun dewa

loading...

Manfaat Getah Karet Dalam Kehidupan Sehari Hari