Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan



Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping Gula jawa, atau beberapa orang menyebutnya dengan sebutan gula merah karena memang mempunyai warna merah agak kecoklatan. Sebutan gula jawa sendiri berasal dari sejarah gula ini yang konon katanya ditemukan pertama kali oleh orang jawa, maka dari itu dikenal dengan sebutan gula jawa. Gula jawa biasanya digunakan untuk bumbu pelengkap masakan agar masakan mempunyai rasa yang manis dan lebih nikmat. Selain mempunyai rasa yang manis dan melezatkan makanan, gula jawa juga terdapat kandungan beberapa zat di dalamnya yang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

artikel terkait:

- manfaat gula kelapa
- manfaat gula semut
- manfaat jagung hitam
- manfaat tanaman sagu
- manfaat beras jagung

Kandungan Dalam Gula Jawa

Selain rasanya yang manis serta perannya dalam melezatkan makanan, gula jawa juga dapat mempunyai berbagai jenis kandungan yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Beberapa kandungan yang terdapat dalam gula jawa diantaranya yaitu:

- Garam Mineral
- Thiamine, Riblovlavin, Nicotine Acid, Ascorbic Acid
- Protein
- Vitamin C
- Selenium

Meskipun mempunyai rasa yang manis, gula jawa mempunyai kandungan gula yang rendah, maka dari itu tidak menjadi penyebab penigkatan berat badan serta menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat anggur untuk balita manfaat jagung putih

Manfaat Gula Jawa

Tidak hanya rasa manis di lidah, tetapi gula jawa juga memberikan rasa manis pada hidup, dengan manfaatnya yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Berkut beberapa manfaat yang didapatkan dari gula jawa:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Zat yang terkandung di dalam gula jawa bisa dapat melakukan detoksinasi dalam sistem pencernaan. Caranya, hanya dengan menambahkan gula jawa pada minuman seperti teh, kopi dan beberapa jenis minuman lainnya. gula jawa yang masuk dalam sistem pencernaan bersamaan dengan minuman tersebut akan melakukan detoksinasi dalam sistem pencernaan. Detoksinasi yang terjadi dalam sistem pencernaan ini bisa dapat memberikah manfaat yang baik untuk sistem pencernaan, dengan melancarkan kerja sistem pencernaan, maka dari itu pencernaan akan terhidar dari berbagai jenis masalah yang biasa menyerang, seperti sembelit, diare dan beberapa masalah lainnya.

artikel terkait: manfaat tepung sagu

1. Mengatasi Anemia

Mengalami anemia, atau kekurangan darah dapat menghambat aktivitas yang sedang di lakukan. Beberapa efek yang dirasakan disaat mengalami anemia yaitu, pusing, lemas, dan tidak bersemangat dalam melakukan erbagai hal. Anemia dapat terjadi kepada semua orang, terlebih pada wanita karena banyaknya darah yang dikeluarkan semasa menstruasi. Mengatasi anemia biasanya dengan meminum suplemen penambah darah. Akan tetapi sebenarnya selain itu anemia juga dapat diatasi dengan menggunakan gula jawa yang dilarutkan dalam air hangat. Meminum gula jawa yang telah dilarutkan dalam air hangat secara teratur dan rutin, dapat mengembalikan produksi darah maka dari itu tidak terjadi anemia.

artikel terkait: manfaat anggur untuk diet

1. Membersihkan Darah Dari Racun

Darah yang terdapat kandungan racun di dalamnya dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, karena darah mengalir ke seluruh tubuh dan semua organ dalam tubuh. Beberapa orang yang darahnya terkontaminasi racun biasanya akan melakukan cuci darah atau mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan untuk membersihkan darah. Selain itu, membersihkan darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi gula jawa. Gula jawa bisa dapat membantu mengeluarkan racun dalam darah, dan membuangnya keluar dari tubuh.

artikel terkait: manfaat anggur untuk gigi

1. Mengatasi Sakit Perut

disaat perut mengalami rasa sakit, beberapa orang akan menanganinya dengan mengkonsumsi obat untuk sakitperut. sebetulnya, selain dengan mengkonsumsi obat, mengatasi sakit perut dapat dilakukan dengan menggunakan gula jawa yang dilarutkan ke dalam air hangat, seperti untuk mengatasi anemia. Memanfaatkan gula jawa untuk mengatasi sakit perut dirasa lebih aman dibandingkan dengan obat karena kandungan kimia di dalamnya dapat menimbulkan efek lain yang kurang bagus untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat pepaya ungu

1. Mengatasi Kram Dan Nyeri Menstruasi

Beberapa wanita akan mengalami nyeri disaat mengalami awal menstruasi, meskipun tidak semuanya memang. Nyeri pada saat menstruasi mempunyai tingkat yang berbeda, ada yang merasakannya seperti nyeri biasa, apalagi nyeri yang dirasakan dapat membuat seorang wanita harus bed rest. Mengatasi nyeri pada saat menstruasi dapat menggunakan gula jawa. Kandungan selenium yang terdapat didalam gula jawa dapat meredakan nyeri yang dialami sewaktu mengalami menstruasi.

artikel terkait: manfaat jambu biji ungu

1. Mengobati Panas Dalam

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu panas dalam. Tidak hanya sariawan panas dalam juga bisa menjadi penyebab beberapa masalah lain seperti bibir pecah pecah, tenggorokan tidak nyaman dan juga peradangan pada mulut tenggorokan. Mengatasi panas dalam biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi minuman anti panas dalam yang banyak beredar di pasaran. jika tidak sempat membelinya, alternatif yang bisa digunakan untuk meredakan panas dalam yaitu dengan menggunakan gula jawa. Gula jawa mempunyai fungsi mendinginkan yang dapat meredakan panas dalam pada tubuh. Cara mengkonsumsinya dapat dengan melarutkannya dalam air panas. untuk cara membuat khasiat yang lebih manjur, gula jawa dapat dicampurkan dengan jamu kunir asam. Selain mengatasi panas dalam, mengkonsumsi ramuan tradisional gula jawa tersebut dapat mencegah terjadinya panas dalam.

artikel terkait: manfaat haiping

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Selain menjaga kesehatan fisik, gula jawa juga bisa digunakan untuk menjaga penampilan agar membuat lebih percaya diri. Gula jawa dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat yang sering menyerang wajah bagi perempuan terlebih pada masa puber dan masa remaja. Rasa manis yang ada di dalam gula jawa tidak terdapat kandungan lemak dan gula yang berlebih. Menggunakan gula jawa untuk masker yang dioleskan secara tipis seperti menggunakan masker madu, dapat cara mengatasi dan cara menghilangkan jerawat dan mengatasi masalah komedo. Gula jawa juga mempunyai sifat anti peradangan yang tidak akan menambah pembengkakan pada jerawat, tapi malah akan meredakannya.

artikel terkait: manfaat gula merah

1. Menambah Energi

Menambah energi disaat melakukan berbagai aktivitas biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi minuman berenergi yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan karena mempunyai kandungan kimia dan pengawet. jika sudah kecanduan mengkonsumsi minuman benergi sebelum melakukan berbagai aktivitas, mungkin dapat menggantinya dengan gula jawa yang dilarutkan dalam air hangat. Gula jawa mempunyai kandungan kalori yang tinggi maka dari itu bisa dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dan memenuhi kebutuhan energi harian maka dari itu tubuh tidak akan mudah merasa lelah.

artikel terkait: manfaat buah anggur merah

Belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat gula jawa ini. Beberapa orang hanya mengatahui bahwa gula jawa untuk bahan pelengkap masakan untuk melezatkan makanan. Setelah membaca artikel ini, mungkin beberapa manfaat gula jawa tersebut dapat dipraktikkan dan dirasakan sendiri manfaat yang didapatkan.

loading...

Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan