Manfaat Kayu Cendana Bagi Kehidupan Manusia



Manfaat Kayu Cendana Bagi Kehidupan Manusia serta Khasiat kegunaan dan efek samping Kayu cendana, sepertinya sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Kayu ini adalah termasuk salah satu dari komoditas yang sangat menjanjikan harganya di pasaran. Dengan tekstur kayu yang kuat dan kokoh, kayu cendana adalah termasuk salah satu dari jenis kayu yang menjadi pilihan alternatif dari kayu jati untuk pembuatan furniture.

Tanaman Pohon Cendana

Cendana sendiri sebetulnya merupakan jenis tanaman parasit, yaitu membutuhkan inang untuk dapat tumbuh menjadibesar. Keadaan ini disebabkan oleh akar dari pohon cendana yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan kehidupannya. Karena hal inilah, maka pohon cendana tergolong sulit dikembangbiakkan, dan cukup jarang berada di pasaran. Namun tetap banyak diminati karena mempunyai kualitas kayu yang sangat menjanjikan.

Pohon cendana, yang mempunyai nama latin Santalum Albul Linn ini mempunyai 2 jenis, yaitu :

1. Kayu cendana merah
2. Kayu cendana putih

Kayu cendana merah merupakan jenis cendana yang mutunya tidak sebaik kayu cendana putih, namunkurang diminati di pasaran. Kayu cendana merah sendiri banyak tumbuh di daerah India, dan Funan. Untuk kayu cendana putih, lebih banyak tumbuh di daerah Nusa tenggara timur.

Walaupun menjadi tumbuhan parasit, akan tetapi pohon cendana merupakan pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 11 15 meter, dan termasuk pohon yang besar, dengan diameter mencatap 25 30 cm.

Manfaat Kayu Cendanadalam Berbagai Bidang

untuk salah satu komoditi yang dapat menunjang kebutuhan ekspor, pohon cendana mempunyai berbagai macam manfaat untuk manusia, dari segi ekonomis dan juga segi kesehatan. apalagi beberapa juga menganggap bahwa kayu cendana mempunyai tuah tersendiri.

Berikut ini beberapa pemanfaatan dari kayu cendana :

1. Bahan baku furniture dan meubel

Bentuk pohon yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang sangat baik, tidaklah salah jika kayu cendana adalah termasuk salah satu dari kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. Banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana. Berikut ini adalah beberapa meubel dan furniture yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu cendana :

- Lemari besar (seperti lemari pajangan, lemari pakaian, dan lemari hiasan)
- Meja makan
- Kursi dan perlengkapan ruang tamu
- Tempat tidur
- Bahan kusen dan pintu

2. Bahan baku produk kerajinan tangan

Selain menjadi bahan baku furniture dan meubel, manfaat hutan yang menghasilkan kayu cendana juga sering dibuat menjadi bahan baku kerajinan tangan dan menjadi bahan baku hiasan-hiasan, seperti :

- Keris
- Ukiran-ukiran

3. Lambang prestise

Tak dapat dipungkiri, dengan kualitas kayu yang tinggi dan juga proses budidayayang cukup sulit, harga kayu cendana dipatojdengan harga yang sangat tinggi. Keadaan ini tentu akan berdampak kepada peralatan yang dibuat dengan meggunakan kayu cendana. Harga peralatan, kerajinan, atau meubel yang dibuat menggunakan kayu cendana pastinya akan jauh lebih tinggi, karena akan dibuat dengan teliti dan baik. Keadaan ini membuat barang-barang yang dibuat dari kayu cendana akan memberikan kesan :

- Mewah dan mahal
- Menaikkan gengsi dan prestise

4. Bahan obat herbal

Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah dapat menjadi obat herbal. Biasanya bagian yang digunakan untuk obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana. Berikut ini khasiat obat herbal dari pohon cendana :

- Anti peradangan
- Mencegah disentri dan gangguan pencernaan lain
- Dapat menjadi pembersih pada saat menstruasi

Cara mengolah daun cendana untuk Obat Herbal

Pengolahan daun cendanacukup mudah. Berikut ini cara mengolah kayu cendana menjadi obat herbal :

- Giling atau blender kulit kayu cendana hingga menjadi halus
- Seduh hasil gilingan kulit kayu cendana dengan air panas
- Tunggu beberapa saat hingga airnya berubah warna, lalu saring
- Minumlah air hasil saringan bubuk kulit kayu cendana tersebut.

5. untuk bahan parfum dan wangi-wangian

Kayu cendana juga ternyata dapat bermanfaat untuk bahan dasar pembuatan parfum dan jenis wewangian yang sering digunakandalam kehidupan sehari-hari seperti manfaat lengkuas. Jenis kayu cendana putih merupakan jenis cendana yang mempunyai wangi-wangian yang baik dan bermanfaat untuk :

- Campuran parfum
- Bahan pembuatan dupa
- Aromaterapi
- untuk balsam

6. Mengendalikan stress dan kecemasan

Bagaimana bisa? Ternyata bagian dari pohon cendana yang dapat membantu mengendalikan stress dan kecemasan adalah minyak cendananya. Minyak cendana mempunyai efek alami untuk anti depressant yang dapat mengurangi, apalagi cara mengatasi dan cara menghilangkan jenis kecemasan, stess dan depresi.

7. Memperlancar buang air kecil

Minyak cendana ternyata juga bisa dapat membantu kita dalam memperlancar buang air kecil. Minyak cendana bisa dapat menekan rasa sakit yang muncul disaat tubuh melakukan proses buang air kecil atau ekskresi. Keadaan ini dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita gangguan disaat buang air kecil.

8. Antiseptik dan antimikroba

Minyak cendana mempunyai fungsi untuk zat antiseptik dan zat antimikroba yang bermanfaat bagi ketahanan dan daya tahan tubuh. Hal in membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk terinfeksi bakteri, mikroba dan virus-virus yang membawa penyakit berbahaya. Sifat ini juga terdapat pada :

- manfaat sirih
- manfaat daun ketumbar
- manfaat minyak kayu putih

9. Manfaat kecantikan

Minyak kayu cendana juga mempunyai fungsi yang sangat baik untuk salah satu zat yang dapat memberikan efek kecantikan bagi tubuh Minyak cendana mempunyai banyak kandungan yangberguna untuk :

- cara mengatasi dan cara menghilangkan noda hitam pada kulit
- Mencegah munculnya jerawat
- Mengatasi dan cara mengatasi dan cara menghilangkan minyak pada kulit

Itulah beberapa manfaat kayu cendana dan hasil-hasil lain dari kayu cendana. Ternyata tidak hanya baik untuk bahan baku produksi perabotan rumah tangga, akan tetapi mempunyai manfaat yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita.

loading...

Manfaat Kayu Cendana Bagi Kehidupan Manusia