Manfaat Kayu Jati Bagi Kehidupan Manusia



Manfaat Kayu Jati Bagi Kehidupan Manusia serta Khasiat kegunaan dan efek samping Tentunya kita mengetahui jenis nama kayu yang sudah melegenda tentang kualitasnya ini? Kayu jati berasal dari pohon jati yang mempunyai ukuran yang besar, yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter. Jati merupakan jenis pohon yang mempunyai daun yang lebar-lebar dan mempunyai ciri khas, dengan daunnya yang gugur disaat mengering. Pohon jati sendiri merupakan jenis pohon yang tumbuh pada daerah hutan hujan tropis yang bersuhu antara 27-37 derajat.Klasifikasi ilmiah dari pohon jati

- Kingdom : plantae
- Divisi : Magnoliophyta
- Class : Magnoliopsida
- Ordo : lamiales
- Genus : Tectona
- Species : Tectona Grandis

Pohon ini juga adalah termasuk salah satu dari jenis pohon yang tingkat pertumbuhannya lambat dan rendah, maka dari itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu pohon jati hingga dapat dimanfaatkan kayunya. Pohon ini adalah termasuk salah satu dari tanamanyang menghasilkan kayu dengan kualitas yangluar biasa dan sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak sekali barang-barang yang terbuat dari kayu jati mempunyai daya tahan yang sangat lama.

Berikut ini adalah ciri-ciri dan sifat utama dari kayu jati :

1. mempunyai kekuatan dan keawetan yang sangat baik
2. Berwarna coklat muda hingga coklat tua
3. Mudah dipotong potong dan mudah diolah menjadi banyak produk
4. tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca.
5. mempunyai bobot yang berat dan kokohJenis-jenis kayu jati

Pohon jati sendiri mempunyai beberapajenis spesies. Berikut ini adalah jenis-jenis dari pohon jati :

1. Jati malam
2. Jati sungu
3. Jati kapur
4. Jati dorengSesuai dengan sifatnya yang kuat, keras, tahan lama dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk, maka kayu jati kebanyakan dimanfaatkan sebagaibahan baku pembuatan, berikut ini :

1. Kapal laut -Sejak jaman penjajahan Belanda, kayu jati sudah bermanfaat untuk bahan dasar pembuatan kapal laut, dan juga sebelum itu sudah dimanfaaatkan untuk bahan pembuatan kapal nelayan.

2. Rumah -Rumah pada jaman dahulu dan beberapa rumah yang ada di daerah pedesaan masih mengandalkan kayu jati untuk bahan dasar pembuatannya, daripada menggunakan semen dan bata.Saat ini pembuatan tumah dengan kayu jati biasa ditemui pada daerah pegunungan, untuk villa dan rumah peristirahatan serta tempat penginapan umum di tempat-tempat wisata.

3. Meubel dan furniture -Sifat kayu jati yang mudah dipotong-potong dan diolah, membuat kayu jati sering bermanfaat untuk bahan baku pembuatan meubel dan furniture yang berukir. Keadaan ini seperti manfaat kayu cendana yang banyak dibuat untuk meubel.

Contoh meubel dan furniture kayu yang terbuat dari kayu jati :

- Meja makan
- Kursi
- Lemari pakaian
- Kusen dan pintu serta jendela
- Tempat tidur

4. Hiasan rumah dari Kayu

Manfaat kayu jati sering digunakan untuk bahan pembuatan ukiran dan hiasan serta pajangan rumah yang menarik, dengan warna kayu jati yang khasdan tahan lama. Berikut ini beberapa jenis ukiran dan pajangan hiasan rumah yang dibuat dari bahan dasar kayu jati :

- Ukiran dinding
- Pigura foto
- Ukiran pada kusen dan pintu
- Pembuatan pajangan- pajangan

5. Gazebo

Gazebo merupakan sejenis aula kecil yang biasanya terletak pada bagian taman, dan dapat bermanfaat untuk tempat berkumpul dan bersantai. Manfaat kayu jati, dapat membuat rumah-rumahan taman ini dengan kuat, apalagi tahan air.

6. Dekorasi outdoor

Selain menjadi gazebo, masih ada lagi dekorasi outdoorlainnya yang dibuat dengan menggunakan kayu jati untuk bahan dasarnya. Keadaan ini disebabkan oleh kualitas kayu jati yang tidak mudah berubah walaupun terus-terusan diterpa hujan atau panas. Dekorasi outdoor yang terbuat dari kayu jati antara lain :

- Kursi taman
- Ayunan
- Tiang garasi

7. Menjadi parket atau lapisan penutup lantai -Salah satu fungsi kayu jati untuk hiasan adalah dengan digunakan untuk parket. Parket merupakan jenis lapisan kayu yang menutupi bagian lantai. Dengan demikian, lantai rumah tidak lagi menggunakan tegel atau keramik. Keadaan ini pastinya akan menambah nilai estetika dari dekorasi suatu ruangan.

8. Tiang rangka rumah, maupun yang lainnya.

Manfaat Kayu Jati Lainnya

1. Menjadi bantalan rel kereta

Dengan kualitasnya yang tinggi dan ketahanan terhadap cuacanya yang sangat baik, kayu jati bermanfaat untuk bantalan rel kereta, sebelum akhrinya diganti dengan menggunakan beton. Namun beberapa bantalan rel kereta yang digunakan, terutama di Indonesia masih menggunakan jenis kayu jati, yang ternyata sudah digunakan sejak jaman penjajahan Belanda. Hebat bukan ?

2. Rangka konstruksi jembatan

Sebelum mulai marak menggunakan besi baja dan beton, kayu jati pernah menjadi primadona dalam pembuatan konstruksi jembatan, dan beberapa masih digunakan hingga pada waktu ini. Konstruksi jembatan yang terbuat dari kayu jati terbukti mempunyai kekuatan dan ketahanan yang sangat baik.

Dengan kualitas kayunya yang tinggi, dan sudah terkenal ketahanannya, kayu jati juga menjadi salah satu komoditi ekspor yang menjajikan karena mempunyai harga jual yang sangat tinggi.

ManfaatBagian Lain dari Tanaman Jati

Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan lain dari kayu jati :

1. Daun jati sering bermanfaat untuk pembungkus makanan, dan memberikan wangi yang lebih nikmat daripada daun pisang
2. Kulit kayu jati sering bermanfaat untuk pelapis dinding atau tembok pada rumah
3. Kayu jati dapat memproduksi vernis atau lapisan yang bisa digunakan untuk melapisi dan memvernis perabotan serta hasil produksi yang terbuat dari kayu lainnya.
4. Daun jati dapat bermanfaat untuk teh dan minuman
5. Parutan dari kayu jati dapat diseduh untuk menyembuhkan penyakit kolera dengan dicampur dengan asam jawa.
6. Akar dari pohon jati dapat bermanfaat untuk pewarna alami
7. Ranting pohon jati, digunakan untuk kayu bakar untuk perapian, karena dapat menghasilkan panas yang tinggi
8. Ranting pohonnya juga pernah digunakan untuk bahan barak lokomotif uap

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan kayu jati. Semoga informasi ini bermanfaat.

loading...

Manfaat Kayu Jati Bagi Kehidupan Manusia