Manfaat Kayu Siwak Untuk Kesehatan



Manfaat Kayu Siwak Untuk Kesehatan serta Khasiat kegunaan dan efek samping Kayu siwak adalah jenis kayu yang berasal dari akar pohon Salvadora persica yang biasanya digunakan untuk membersihkan gigi dan bagian mulut. Siwak dalam bahasa arab juga disebut dengan kata miswak. Masa masa Rasulullah, Rasul selalu melakukan siwak dan kemudian hukum bersiwak sendiri sekarang ini adalah sunnah muakkad.

artikel terkait:

- manfaat akar kelapa
- manfaat bengkoang untuk gigi
- manfaat susu boneto
- manfaat anggur untuk gigi
- manfaat CDR

Manfaatkayu siwak

sebetulnya, bersiwak dapat menggunakan berbagai jenis kayu dan akar jenis pohon apa saja. Namun yang banyak digunakan adalah akar dai pohon Salvadora persica karena akar dari pohon ini mempunyai tekstur yang lembut, berserat serta bersifat basah, maka dari itu akar dari pohon inilah yang bisa digunakan untuk bersiwak. Serat dari pohon Salvadora persica juga kuat, maka dari itu disaat digunakan untuk bersiwak, serat kayu tidak berjatuhan atau rontok. Tidak hanya sekadar membersihkan gigi, tapi ternyata bersiwak mempunyai berbagai manfaat. Kayu yang digunakan untuk bersiwak mempunyai kandungan klorida, potassium, sodium bicarbonate, vitamin C, trimethyl, fluoride, silika, sulfur, salvadorine, dan tannin. Beberapa kandungan tersebut tidak hanya dapat membersihkan gigi, tetapi mempunyai beberapa manfaat lain seperti:

1. Membersihkan Mulut

Bersiwak tidak hanya membersihkan gigi, akan tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan semua bagian mulut. Membersihkan mulut dengan kayu siwak tidak yang akan membuat gusi dan dinding mulut terluka, karena tekstur kayu siwak yang lembut dan seratnya tidak berjatuhan disaat digunakan.

artikel terkait: manfaat green tea

1. Mencegah Gigi Berlubang

Tidak hanya pasta gigi saja yang dapat membantu mencegah agar gigi tidak berlubang. Menggunakan siwak untuk membersihkan gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang. Kandungan mineral alami yang terdapat dalam kayu siwak dapat membantu mencegah gigi berlubang.

artikel terkait: manfaat buah jeruk untuk kesehatan gigi

1. Membersihkan Plak Pada Gigi

Selain mencegah gigi berlubang, kandungan berbagai jenis mineral pada kayu siwak dapat membantu mengurangi plak pada gigi. Plak yang menempel pada gigi akibat makanan yang tertinggal dapat dibersihkan dengan menggunakan siwak sehabis makan.

artikel terkait: manfaat strawberry untuk gigi

1. Membunuh Bakteri Pada Mulut

Membersihkan gigi harus rutin dilakukan agar kuman dan bakteri pada gigi tidak berkembang biak dan dapat menjadikan gigi dan mulut menjadi terganggu. Gangguan yang disebabkan kuman ini bisa menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut.

artikel terkait: manfaat air garam untuk mulut

1. Mencegah Bau Mulut

Kayu siwak dapat mengeluarkan bau alami disaat digunakan untuk bersiwak. Selain mempunyai bau yang wangi, kayu siwak dapat memberikan rasa segar setelah digunakan. maka dari itu, dengan menggunakan siwak inilah, mulut akan menjadi segar dan wangi serta bau tak sedap pada mulut dapat hilang.

artikel terkait: manfaat odol

1. Mengatasi Radang Pada Gusi

Kayu siwak terdapat kandungan enzim yang tidak hanya dapat cara mengatasi dan cara menghilangkan plak pada gigi, akan tetapi juga dapat mengatasi radang gigi. Plak penyebab radang gigi dapat dihilangkan dengan menggunakan siwak, kemudian plak yang bisa menjadi penyebab radang gigi inilah yang nantinya akan hilang, maka dari itu gusi dapat menjadi sehat dan terhindar dari peradangan.

artikel terkait: manfaat xylitol

1. Membantu Merangsang Produksi Saliva

Kandungan aktif dalam kayu siwak dapat membantu merangsang produksi air liur atau biasa disebut dengan saliva. Dimana saliva inilah yang bisa dapat membersihkan mulut dan melindungi mulut dari beberapa masalah yang ditimbulkan karena kekurangan air liur.

artikel terkait: manfaat pasta gigi

1. Menguatkan Gigi

Selain dapat mencegah gusi bengkak, kandungan enzim yang terdapat dalam siwak juga dapat membantu menguatkan gigi. Enzim pada siwak bekerja untuk mencegah terjadinya gigi yang tanggal sebelum waktunya. maka dari itu gigi dapat utuh dan kuat dalam waktu yang lama.

artikel terkait: manfaat lenxir bekicot

1. Menghentikan Pendarahan Pada Gusi

Kayu yang digunakan untuk bersiwak mempunyai kandungan antibacterial acid seperti abrasive dan juga detergents. Kedua antibacterial acid yang terkandung dalam kayu yang digunakan untuk bersiwak ini dapat menghentikan darah yang mengalir disaat terjadi pendarahan pada gusi.

artikel terkait: manfaat sabun eumora

1. Mengeluarkan Sisa Makanan

Setelah makan, biasanya terdapat sedikit makanan yang tertinggal di sela gusi maupun di sela gigi. Menggunakan siwak ini dapat membantu mengeluarkan makanan di sela gigi, maka dari itu sisa makanan tersebut tidak tertinggal.

artikel terkait: manfaat kumur air garam saat sakit gigi

Bersiwak mempunyai berbagai macam keunggulan, dibandingkan dengan menggosok gigi biasa. Memang benar perlu juga tetap bersiwak meskipun sudah menyikat gigi. Ada beberapa waktu yang disunnahkan untuk bersiwak, diantaranya:

1. disaat hendak melaksanakan ibadah sholat, atau disaat sebelum wudlu.
2. disaat masuk ke dalam rumah.
3. disaat bangun tidur pada malam hari, disunnahkah juga untuk bersiwak.
4. disaat akan membaca Al Quran.
5. disaat bau mulut sudah mulai berubah.

disaat bersiwak pertama kali, siwak akan mengeluarkan rasa pedas dan juga sedikit ada rasa terbakar pada mulut. Keadaan ini disebabkan karena adanya kandungan antibacterial acid seperti mustard yang ada di dalam kandungan siwak tersebut. apalagi, ada juga yang menjadikan siwak menjadi dalam bentuk bubuk, kemudian ditambahkan dalam pasta gigi.

Meskipun dalam jaman sekarang ini tidak banyak orang mengetahui manfaatnya, akan tetapi memang benar perlu juga untuk menggunakan siwak untuk membantu membersihkan gigi dan mulut. Karena sebetulnya, menggunakan siwak lebih efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dibandingkan dengan menggunakan pasta gigi biasa.

loading...

Manfaat Kayu Siwak Untuk Kesehatan